Senin, Oktober 20, 2008

Warnung VI : Rahasia Tabassum

Do ’u know what is tabassum? Tabassum is senyum. Do ’u know is senyum? Senyum memiliki banyak makna. Senyum adalah mengguratkan ujung garis bibir sebagai pertanda keramahan. Sebuah grup nasyid, Raihan, dalam salah satu liriknya menggambarkan senyum sebagai tanda keimanan, tanda ketabahan, serta sedekah yang paling mudah. Ya, benar! Senyum adalah tanda keimanan. Ketika seorang muslim tersenyum kepada sesamanya tanpa dibatasi apapun,baik suku, agama, maupun warna kulit, semata-mata demi menyambung silaturahmi dan membina persaudaraan karena Allah, maka niatnya sudah tercatat sebagai ibadah. Ibadah tersebut baru dapat dilaksanakan bila seseorang itu beriman kepada Allah.

Senyum adalah tanda ketabahan. Jika seseorang ditimpa kemalangan,ditimpa musibah,pastilah hatinya mengalami kesedihan. Jika ia seorang muslim,maka ia mengembalikan segalanya kepada Allah. Dari tiada kembali tiada. Segala sesuatu dari Allah dan kan kembali kepada Allah. Dengan penyerahan diri seperti itu,maka beban akan berkurang. Kesedihan cenderung membuat kita bermuram durja, yang membuat otot-otot muka kita lebih banyak yang menegang. Maka tak heran jika orang yang selalu menuruti rasa sedih, biasanya akan terlihat lebih cepat tua. Salah satu obat agar kita tetap awet muda adalah senyum. Tentu bukan sembarang senyum. Senyum yang tulus dari hati akan menggerakkan sedikit otot-otot muka kita. Hal ini akan bermanfaat bagi wajah kita karena tak banyak otot muka kita yang tegang plus merelakskan otot-otot muka kita. Hasilnya, wajah yang ceria dan aura keramahanpun terpancar. Wajahpun akan selalu tampak lebih muda. Rasulullahpun pernah mengajarkan sebuah doa perlindungan dari rasa sedih yang berkepanjangan,”Allahumma inni a’uudzubika minalhammiy wal hazani.” Rasa sedih memang sifat manusiawi, tetapi kesedihan berkepanjangan hanya akan merugikan jasmani dan rohani. Dengan sebuah sunggingan senyum, seseorang mengalirkan energi positif ke dalam dirinya yang akan membentenginya dari rasa sedih berkepanjangan. Itulah bukti kalau senyum pertanda ketabahan.

Bagi wong cilik yang benar-benar cilik, bisa jadi sedekah itu sesuatu yang amat sulit, bahkan bisa jadi barang mewah. Akan tetapi, dengan berbagi senyum kepada semua orang, tulus dari dalam hati karena Allah, iapun sudah bisa bersedekah. Yap! Senyum adalah sedekah yang paling mudah dilakukan setiap orang. Sekarang jelas khan...rahasia tabassum? Bisa menjadi senam muka yang paling murah meriah, bisa membuat wajah jadi lebih awet muda tanpa perlu operasi plastik, bisa menambah teman en saudara, sekaligus menambah tabungan pahala di akhirat.Tentu saja harus tulus karena Allah, tanpa embel-embel niat yang lain. Anda tertarik? Coba dan buktikan mulai sekarang! Gratis, tanpa efek samping pula, bagaimana? Coba dech....

Tidak ada komentar: